background
IP ADDRESS ANDA :

IP Address : 54.81.96.11

BROWSER ANDA :
CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)

IZIN STASIUN RADIO PENERBANGAN

Penyelenggaraan Frekuensi Radio

Komunikasi Radio adalah penyelenggaraan Telekomunikasi yang menggunakan gelombang Radio untuk keperluan khusus. Penyelenggaraan Komunikasi Radio dapat dilakukan oleh Instansi Pemerintah atau Badan Hukum yang dibentuk berdasarkan Hukum di Indonesia.

Penyelenggaraan Komunikasi Radio dilaksanakan berdasarkan atas Izin Stasiun Radio (ISR) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika. Masa laku Izin Stasiun Radio (ISR) diberikan selama 1 (satu) tahun, dan dapat diperpanjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Perhatian Kepada Pengguna Frekuensi Radio

  1. Izin Stasiun Radio (ISR) harus diajukan langsung melalui Loket Resmi Direktorat Operasi Sumber Daya/Unit Pelayanan Teknis (UPT) setempat, tidak melalui pihak ketiga (Calo)
  2. Pengajuan harus dilakukan oleh pengguna frekuensi atau perwakilan yang ditunjuk dengan surat kuasa dari pengguna frekuensi (Apabila pengguna frekuensi adalah instansi/badan hukum, surat kuasa ditanda tangani oleh pimpinan instansi/badan hukum yang bersangkutan).
  3. Untuk mempercepat proses perizinan, isilah formulir permohonan ISR dengan lengkap dan benar.
  4. Pembayaran Biaya Hak Penggunaan (BHP) Frekuensi Radio dilakukan setiap tahun, melalui Full Host to Host Bank Mandiri dengan Kode Instansi 50000 (tidak perlu nomor rekening) dan mencantumkan Invoice ID dan Client ID.
  5. Bayarlah setiap tagihan sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera dan mohon cantumkan nama Anda/Instansi/Badan Hukum seperti tertera pada ISR, nomor Client serta nomor Aplikasi, dan Simpanlah dengan baik bukti pembayaran tersebut.
  6. Untuk perpanjangan ISR, bayarlah BHP Frekuensi Radio sebelum jatuh tempo guna menghindari denda dan pencabutan ISR.
  7. Apabila Surat Pemberitahuan Pembayaran (SPP) untuk perpanjangan ISR belum diterima, segera hubungi loket pelayanan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Jl. Medan Merdeka Barat No. 17 Jakarta (Call Centre : 021 - 30003100 dan No. Fax 021 - 3864704) atau UPT monfrek setempat.
  8. Informasikan kepada kami, Jika Mengetahui ada praktek percaloan selama proses ISR.
  9. Info lebih lanjut tentang pelayanan ISR, lihat pada situs www.postel.go.id dan atau e-mail : yanfrek@postel.go.id
  10. Perangkat yang digunakan, perangkat khusus untuk penerbangan (aero nautical transceiver).

Persyaratan Permohonan Izin Frekuensi Radio

BR (Baru), PJ (Perpanjangan), MT (Mutasi)

Catatan : BR (Baru), PJ (Perpanjangan), MT (Mutasi)

Proses Permohonan Izin Frekuensi Radio Penerbangan

Proses Permohonan Izin Frekuensi Radio sampai terbitnya SPP berlangsung selama 45 hari kerja

Cara Mengajukan Permohonan ISR Penerbangan Melalui E-Licensing

  1. Daftar melalui menu sign-up atau daftar
  2. Setelah user tersebut aktif dan berhasil login, maka Pemohon mengupload file excel (*.xls) dengan menggunakan format dan struktur pengisian yang telah disediakan. Pemohon dapat menuju menu upload dokumen tersebut melalui menu Elicensing > Permohonan Baru ISR > Memilih Service Aeroneutical dan Sub Service yang sesuai.
  3. Pemohon tidak diperbolehkan mengubah format file, format penulisan header atau mengganti urutan kolom dalam mengisi file excel yang disediakan. Kesalahan pengisian data file excel yang diupload akan mengakibatkan data ditolak ataupun data menjadi salah.